Enam Cara Menikmati Liburan di Bandung dalam Waktu Satu Hari

Bandung adalah kota wisata incaran kaum-kaum yang butuh hiburan tapi nggak punya banyak waktu untuk pergi ke kota wisata yang lain. Secara geografis, letaknya yang dekat dengan Jabodetabek, membuat Bandung menjadi kota yang dengan mudah dan cepat dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kalau lo merasa Bandung sebagai tempat pelarian dari berbagai kepusingan akibat kerjaan, lo nggak sendiri, gue juga merasa demikian.

Segala jenis destinasti hiburan ada di Bandung, dari mulai tempat-tempat wisata yang bernuansa alam atau kota, tempat berbelanja, serta tempat menginap, semuanya oke. Bahkan, menghirup udara Bandung aja udah cukup bisa dikategorikan sebagai liburan, kan? Prinsipnya, yang penting keluar jauh-jauh dari Jabodetabek. Namun, banyak yang belum tahu bahwa menikmati liburan di Bandung itu ada caranya loh, apalagi jika lo hanya punya waktu satu hari. Check it out guys.

Jangan Serakah

Jangan serakah! Alias fokus ke beberapa objek wisata saja. Bandung memang terkenal dengan ratusan opsi destinasi wisata, tapi bukan berarti lo harus mengunjungi semuanya dalam waktu singkat. Nah, buat lo yang hanya punya waktu satu hari, ada baiknya rencanakan terlebih dahulu destinasi tempat yang lo ingin kunjungi. Tipsnya, kunjungilah tempat-tempat yang jaraknya berdekatan. Jika lo ingin berkeliling hanya di sekitar Lembang, yowes maka berkunjunglah ke Maribaya, Pemandian Air Panas Cianter, dan Gunung Tangkuban Perahu. Atau jika lo hanya ingin mengelilingi Kota Bandungnya, jangan lupa cari info rute jalan yang akan dilewati beserta jalan alternatifnya kalau-kalau nanti lo kejebak macet. Beberapa tempat mainstream yang terletak di pusat kota yang jaraknya juga berdekatan, di antaranya Jalan Asia Afrika, Alun-Alun Bandung, Balaikota, dan Gedung Sate. Itu yang mainstream loh ya, kalau mau yang antimainstream, tanya Mbah Gugel aja coba deh. Cara ini juga berlaku buat lo yang ingin mengunjungi pusat perbelanjaan. Cukup satu saja, misalnya Cihampelas saja, atau Dago saja. Kalau dua-duanya, boros waktu, boros tenaga, dan boros uang.

Menghindar

Menghindar dari ruas jalan tertentu, terutama saat akhir pekan. Kota Bandung macet di hari Sabtu dan Minggu itu bukan mitos guys. Banyaknya destinasi wisata yang selalu ramai pada akhir pekan menjadi salah satu penyebabnya. Tipsnya, hindarilah beberapa ruas jalan, seperti Jalan Dago, Jalan Pasteur, Jalan Buahbatu, Jalan Cihampelas, Jalan Riau, Jalan Setiabudi, Jalan Sukajadi, Jalan Setiabudi, Jalan Otista, dan Jalan Raya Lembang

Jalan-jalan tersebut sebagian besar berada di kawasan wisata. So, sama dengan tips pertama, carilah rute jalan alternatif yang tidak terlalu padat jika lo memang kekeuh mau ke tempat wisata yang terletak di jalan-jalan tersebut. Jangan lupa, sabar! Nggak selamanya macet bisa dihindari, loh, guys, kayak kenyataan.

Cari Arah

Cari arah! Alias gunakan Google Maps atau Waze. Untuk mempermudah navigasi lo selama berada di Bandung dan nggak banyak nanya orang, sebaiknya gunakan peta-peta online untuk mengetahui lokasi detail yang ingin lo kunjungi. Nah, berarti lo juga wajib memastikan kuota internet ponsel lo dalam keadaan yang aman, supaya nggak tiba-tiba kehilangan arah.

Jangan Berlebihan

Jangan berlebihan bawa barang. Lo hanya satu hari di Bandung, nggak perlu bawa seisi kamar. Tipsnya, bawalah barang-barang untuk keperluan liburan lo aja, seperti perlengkapan mandi, baju secukupnya, celana secukupnya, pakaian dalam secukupnya, dan benda-benda penting, seperti charger ponsel dan tongsis. Dilarang keras membawa barang-barang yang mengingatkan lo sama mantan, bahaya, esensi liburan lo akan berubah otomatis. Selain nggak guna, ya buat apa? Mantan juga nggak akan ingat sama lo, kan.

Jangan Sewa Diri

Iya. Jangan sewa diri tapi sewa kendaraan. Tips ini berlaku buat lo yang ke Bandung nggak pakai kendaraan pribadi tapi ingin ke beberapa tempat, tepatnya ingin ke lebih dari satu tempat. Di Bandung, ada banyak sekali jasa penyewaan kendaraan, baik motor atau mobil. Syaratnya mudah, cukup membawa identitas diri, seperti KTP, Kartu Pelajar, atau SIM. Harganya pun murah, berkisar sekitar Rp80.000,00 untuk motor dan Rp100.000,00 untuk mobil. Dengan menyewa kendaraan, lo akan mudah pergi ke berbagai tempat tanpa harus ganti-ganti kendaraan. Hemat waktu dan hemat biaya juga, loh.

Staycation

Staycation alias diam saja di penginapan. Tips ini khusus buat lo yang malas pergi ke tempat ramai tapi tetep mau keluar dari ibu kota dalam sehari. Pindah kamar tidur untuk satu malam, it is okay, right? Pidi Baiq bilang, “Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi.” Mari menikmati Bandung dalam sunyi, sebagai bentuk mencintai diri sendiri. Eh, bukan berarti nggak boleh berdua atau beramai-ramai loh ya.

Nah untuk tips yang satu ini sepertinya lo butuh cari penginapan yang bisa mendukung lo dalam mencintai diri sendiri. Salah satu penginapan di Bandung yang layak menjadi tempat staycation lo, yaitu Hotel Hilton Bandung. Cari deh di Mbah Gugel: Review Hotel Hilton Bandung. Dijamin akan muncul banyak sekali kalimat yang bikin lo sangat ingin menginap di hotel ini.

Hotel Hilton Bandung, salah satu hotel elegan dengan fasilitas yang memadai. Letaknya juga strategis, berlokasi di Jalan HOS Tjokroaminoto Nomor 41—43, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171, dekat dengan Stasiun Kota Bandung dan Bandara Internasional Husein Sastranegara. Akses menuju pusat kota pun cepat. Selain itu, Hotel Hilton Bandung juga menyediakan layanan antar jemput. Perihal akomodasi, aman deh. Lo nggak akan nyasar seperti lo nyasar dalam hubungan tanpa status. Interior bangunan Hotel Hilton Bandung pasti akan membuat lo bangga pernah menginap di sini. Perihal hidangan yang disediakan Hotel Hilton Bandung, sangat cocok deh dengan lidah Indonesia, lidah kita.

Ada banyak pilihan buat memanjakan diri di Hotel Hilton Bandung ini. Spa, renang, makan banyak di restoran hotel, memanfaatkan fasilitas hotel lainnya, atau tidur di kamar hotel pun bagi gue sudah bisa dikategorikan sebagai upaya memanjakan diri. Dari dalam kamar yang bergaya kontemporer di Hotel Hilton Bandung, lo bisa menyaksikan panorama Bandung. Apalagi saat malam hari, gemerlap Kota Bandung luar biasa menakjubkan buat diliatin terus-terusan. Cat dinding kamar yang menggunakan warna soft mungkin menjadi alasan kenapa hotel ini berhasil bikin diri lo nyaman.

Harga menginap di Hotel Hilton Bandung ini sangat terjangkau loh, mulai dari satu juta per malamnya. Lumayan loh, lebih murah daripada biaya berobat ke psikater akibat stres atau depresi.

Demikian enam cara menikmati liburan di Bandung. Enam cara di atas boleh diterapkan salah satu, boleh juga diterapkan semunya. So, buat yang lagi penat maksimal dengan pekerjaan, buat yang lagi galau karena abis putus, atau buat yang lagi resah karena doi malah PHP, kapan mau ke Bandung?